Kejutan Pileg 2024 Dapil Jabar 1, Fathi Berhasil Raih Kursi DPR RI

Kejutan Pileg 2024 Dapil Jabar 1, Fathi Berhasil Raih Kursi DPR RI

Smallest Font
Largest Font

BERITASUARA.COM - Kejutan terjadi di Pemilihan Legislatif (Pileg) Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar I (Kota Bandung dan Cimahi). Dari 7 kursi yang diperebutkan, satu kursi diraih Fathi, caleg dari Partai Demokrat.

Partai Demokrat berhasil meraih 131.385 suara dan mengamankan kursi ke-6. Caleg Partai Demokrat yang meraih suara tertinggi adalah Fathi 39.048 suara. Fathi menyisihkan Agung Budi Santoso (ABS) yang sudah tiga periode mewakili Demokrat di DPR dari Dapil Jabar I. 

Padahal, Fathi yang menjabat Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jabat ini adalah kader baru di bawah nakhoda Anton Sukartono Suratto.

Pertarungan sengit di Jabar I juga mengempaskan PKS yang kehilangan satu kursi. Partai Golkar tampil sebagai juara dengan dua kursi DPR.

Lalu, PKB muncul sebagai pendatang baru. Masuknya PKB menyingkirkan Nasdem. Muhamad Farhan (Nasdem) kehilangan kursi di DPR.

Berikut komposisi lengkap raihan kursi DPR dari Dapil Jabar I. Partai Golkar dua kursi, PKS, Gerindra, PDIP, PKB, dan Demokrat masing-masing satu kursi. Pada Pileg 2024 ini, hanya tiga incumbent yang bertahan, yaitu, Nurul Arifin (Golkar), Nico Siahaan (PDIP), dan Lidia Hanifa (PKS).

Sementara empat pendatang baru adalah Atalia Praratya (Golkar), Melly Goeslaw (Gerindra), Habib Syarif Muhammad (PKB), dan Fathi dari Demokrat. 

“Pertama saya ucapkan terima kasih untuk masyarakan kota bandung dan kota cimahi yang telah mengamanatkan suaranya kepada saya. Semoga saya dapat menjembatani dan memperjuangkan aspirasi masyarakat Jabar, khususnya Kota Bandung dan Cimahi," kata Fathi, Senin (11/3/2024).

"Perjuangan itu akan dimulai selepas dilantik nanti. Saya pribadi mengajak seluruh dewan yang terpilih, khususnya kader Partai Demokrat untuk menjadi wakil rakyat yang amanah dan berjuang bersama di setiap kepentingan rakyat. Karena hidup adalah perjuangan," ujar Fathi. ***

Editors Team
Daisy Floren