Pemprov Sulbar Manfaatkan dan Gandeng Komunitas Informasi Masyarakat Cegah Hoaks Pilkada Serentak 2024

Pemprov Sulbar Manfaatkan dan Gandeng Komunitas Informasi Masyarakat Cegah Hoaks Pilkada Serentak 2024

Smallest Font
Largest Font

FOKUSSATU.ID, MAMUJU - Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) memanfaatkan Sekolah Internet Komunitas Informasi Masyarakat (Senter KIM) untuk mencegah hoaks di pilkada daerah itu tahun ini. 

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Sulbar, Dian Afrianty, di Mamuju, Sabtu, mengatakan, program itu dibentuk pada sejumlah desa di provinsi itu.

Ia mengatakan, program tersebut dilaksanakan sebagai dukungan pihaknya dalam mewujudkan pelaksanaan Pilkada Sulbar yang sejati, jujur, adil, aman, damai, dan demokratis.

"Senter KIM diberikan pelatihan agar dapat bermanfaat dan memahami tata cara mencegah berita hoaks yang diakibatkan oleh persaingan para kandidat di pilkada," katanya, seperti dikutip dari kantor Berita Antara, Selasa 30 Juli 2024.

Menurut dia, pihaknya melaksanakan program itu juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih memahami pemanfaatan teknologi digital.

"Program tersebut dikerjasamakan dengan komunitas masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang literasi dan agar cakap digital," katanya.

Selain itu, program ini dapat dimanfaatkan masyarakat dalam memasarkan hasil produk ekonominya lebih luas, sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya.*

Editors Team