Tingkatkan Pemahaman Regulasi dan Kesadaran Hukum, SBSI 92 Kota Bandung Gelar Diklat dan Rakercab

Tingkatkan Pemahaman Regulasi dan Kesadaran Hukum, SBSI 92 Kota Bandung Gelar Diklat dan Rakercab

Smallest Font
Largest Font

BERITASUARA.COM -- Untuk memperkuat kapasitas anggota dan pengurus, SBSI 92 Kota Bandung menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) serta Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di Hotel Grand Asrilia Bandung, Kamis (15/08/2024). 

Acara ini bertujuan merumuskan dan merealisasikan program kerja selama satu tahun ke depan, dengan fokus utama pada peningkatan pemahaman terhadap regulasi yang berlaku serta memperkuat kesadaran hukum di tingkat perusahaan.

Hermawan, Ketua DPC SBSI 92 Kota Bandung menegaskan bahwa Diklat ini dirancang khusus untuk membekali anggota dan pengurus dengan pengetahuan memadai mengenai kondisi dan regulasi yang terus berubah.

“Regulasi yang begitu dinamis menuntut kita untuk terus mengimbanginya, sehingga para anggota di tingkat perusahaan dapat melek dan sadar hukum, serta mampu menyelesaikan setiap persoalan tanpa harus sampai pada mediasi atau konflik berkepanjangan,” ujar Hermawan.

Rakercab juga memiliki peran penting dalam menyusun program kerja yang realistis dan dapat direalisasikan dalam jangka waktu satu tahun. Hermawan menambahkan bahwa SBSI 92 Kota Bandung berkomitmen untuk terus melawan segala bentuk regulasi yang merugikan pekerja, baik melalui jalur hukum di Mahkamah Konstitusi maupun melalui aksi-aksi di tingkat nasional.

Sementara itu, Ketua Apindo Kota Bandung, Ahmad Kosim Asmari menuturkan, kehadiran serikat pekerja merupakan sebuah keniscayaan yang peranannya sangat dibutuhkan oleh perusahaan. 

Ia berharap, sinergitas antara serikat pekerja dan pengusaha bisa terus berjalan dengan baik sehingga setiap terjadi persoalan bisa diselesaikan dengan cara-cara yang baik dengan tidak merugikan satu sama lain. 

"Kemajuan sebuah perusahaan ada di tangan para pekerja. Kesejahteraan bisa diraih bersama apabila kedua pihak pekerja dan pengusaha saling bersinergi demi mencapai tujuan yang sama,"ucapnya. 

Sementara itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung, Andri Darusman yang sekaligus membuka acara, serta Ketua PD SBSI 92 Jawa Barat, Ajat Sudrajat  beserta seluruh anggota dan pengurus perusahaan yang tergabung dalam SBSI 92. ***

Editors Team
Daisy Floren