Kolaborasi Dishut Jabar dan Paguyuban Warga Bali Garden City View Tanam Pohon Tabebuya

Kolaborasi Dishut Jabar dan Paguyuban Warga Bali Garden City View Tanam Pohon Tabebuya

Smallest Font
Largest Font

BERITASUARA.COM - Sebanyak 200 pohon tabebuya ditanam di Perumahan Bali Garden City View, Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (7/6/2024).

Kegiatan bernama Gebyar Jumat Menanam (Juna) itu merupakan kolaborasi antara Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jawa Barat, Paguyuban warga Bali Garden City View dan stakeholder terkait dengan tema "Satu Pohon Seribu Kehidupan" bertujuan untuk menciptakan lingkungan dengan udara yang sehat.

"Setelah dilakukan penanaman pohon ini, kami mengharapkan warga sekitar merawat dan menjaganya," ujar Kepala Dinas Kehuatan (Dishut) Provinsi Jabar, Dodit Ardian Pancapana. 

Dodit mengungkapkan, pohon tabebuya memiliki banyak manfaat, selain bunganya terlihat indah mirip bunga sakura Jepang tanaman ini juga bermanfaat buat penghijauan dan perlindungan tanah disekitar area perumahan.

"Pohon tabebuya selain bagus dan merindangkan lingkungan juga bisa bermanfaat yang besar bagi warga setempat. Diharapkan dengan penanaman pohon ini menjadikan suasana perumahan menjadi lebih nyaman bagi para pengguna," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekertaris Dinas Kehutanan Provinsi Jabar, Jemmy Marwitha menambahkan, penanaman pohon tabebuya ini sesuai dengan permintaan warga Bali Garden City View yang ingin melakukan penghijauan lingkungan.

"Karena selaras dengan salah satu program kami berupa penghijauan lingkungan (Jumat Menanam) kami fasilitas. Hari ini kami serahkan total 200 pohon," ujar Marwitha.

Kata Marwita, kegiatan ini jadi agenda rutin Dishut Jabar setiap hari Jumat tujuannya mengkampanyekan menanam pohon bagi warga terutama bagi warga di luar kawasan hutan.

"Kita punya target untuk terus meningkatkan luas tutupan lahan, terutama lahan di luar kawasan hutan, salah satunya penanaman pohon tabebuya hari ini," terangnya.

Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V, Dedi Sudadi menambahkan, kegiatan penanaman pohon tabebuya bersama warga ini sudah menjadi agenda rutin bahkan anak sekolah, dari PAUD, TK, SD,  sampai Perguruan tinggi.

"Selain melaksanakan penanaman pohon juga kampanye bagaimana memberikan informasi dari usia dini agar kecintaan terhadap lingkungan sudah terbentuk sehingga pada saat dewasa sudah tertanam dalam hati bagaimana menjaga lingkungan," paparnya. 

Ketua Paguyuban Warga Bali Garden City View, Ahmad Kosim Asmari mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah khususnya Dinas Kehutanan Provinsi Jabar atas bantuan pohon tabebuya yang diberikan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

"Saya mewakili warga mengucapkan terima kasih. Semoga penanaman pohon ini dapat memberikan manfaat signifikan bagi lingkungan dan warga sekitar," imbuhnya. 

Menurut Ahmad, bicara lingkungan hidup ada dua kata yakni 'Lingkungan dan Hidup'. Artinya sesuatu hal yang baik dan positif akan menopamg kehidupan yang baik pula.

"Penanaman pohon ini merupakan langkah nyata dalam membangun pondasi yang kuat melestarikan alam. Saya juga mengajak warga untuk turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan dengan aktif menanam pohon. Dengan bergotong-royong, diharapkan hasilnya dapat lebih besar dalam menjaga lingkungan," pungkasnya. (*)

Editors Team
Daisy Floren